Ciamis Kita Ciamis Kamu

05.04 / Diposting oleh QQ-Net /

Ciamis adalah wilayah yang berciri agraris dan sangat kaya dengan keindahan alam. Di kabupaten ini terdapat asset wisata andalan untuk meraup pendapatan, yakni Pantai Pangandaran. Potensi Pangandaran sesungguhnya tidak kalah dengan Bali, namun sayang berbeda dalam profesionalisme pengelolaannya. Pemkab Ciamis tampaknya cukup puas dengan kondisi Pangandaran saat ini, sehingga tidak terlihat ada upaya konkrit untuk mempromosikannya. Hal ini bisa dilihat dari tidak adanya fasilitas wisata bertaraf internasional, seperti rumah sakit dan super market modern. Kemudian, di wilayah itu tidak didukung dengan efektivitas sistem transportasi (darat, laut dan udara), kurangnya dukungan aspek keamanan (polisi, SAR), serta kurang tersedianya media iklan skala nasional dan global.

Sementara di sektor perikanan, Ciamis memiliiki potensi pembenihan dan pembudidayaan ikan Gurame Soang. Gurame jenis ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat hingga bisa mencapai 10-15 kg per ekor. Sayangnya, sejak saat pembenihan, pengorganisasian melalui koperasi hingga pemasarannya, kurang ditangani secara profesional. Jangankan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi kota-kota lain di Jawa, masyarakat setempat pun rasanya masih butuh penyadaran untuk ikut mempromosikan komoditi ini.


Apakah Ciamis dari tahun ke tahun ada perkembangan atau penurunan ? baik itu dalam bidang ekonomi,sosial,budaya politik dan ke amanan?

silahkan berkomentar di sini................

0 komentar:

Posting Komentar